Senin, 14 Januari 2019

Apa itu EPS ?

Lampu Indikator EPS 
EPS (Electric Motor Power Steering) merupakan system power steering yang menggunakan motor DC sebagai sumber tenaga bantu untuk meringankan putaran roda kemudi. Hal ini berbeda dengan power steering konvensional yang menggunakan pompa hidrolik sebagai sumber tenaga bantu .

Apa keuntungan menggunakan motor DC dibandingkan menggunakan pompa hidrolik ?
  1. Motor DC menggunakan sumber energi dari baterai sehingga tidak mengurangi tenaga mesin. Hal ini akan membuat mesin menjadi lebih efisien dan tarikan mesin lebih responsive.
  2. Motor DC kerjanya diatur oleh Electronic control module (ECM) sehingga dapat kerjanya dikontrol dengan mudah. Hal ini membuat putaran kemudi menjadi ringan pada kecepatan rendah dan sedikit lebih berat pada kecepatan tinggi. Hal ini menambah tingkat keamanan berkendara lebih baik.
  3. Motor DC tidak membutuhkan perawatan seperti pompa hidrolik yang membutuhkan penggantian oli power steering secara berkala dan penyetelan/penggantian fanbelt penggerak pompa.
Apa saja komponen EPS ?
  1. Motor DC, merupakan komponen utama yang bisa diletakkan di steering column maupun steering rack untuk membantu meringankan putaran kemudi. Motor DC dapat berputar searah jarum jam maupun berlawanan arah jarum jam sesuai perintah ECM berdasarkan arah putaran roda kemudi.
  2. Control Module, merupakan unit kontrol elektronik yang mendeteksi besarnya momen puntir poros kemudi dari  torque sensor dan kecepatan kendaraan dari VSS kemudian menentukan besarnya arus listrik yang diberikan ke DC motor. Selain itu control module mengatur nyala lampu MIL dan  fungsi failsafe saat terjadi kegagalan fungsi pada komponen sistem EPS.
  3. Torque sensor, merupakan sensor yang diletakkan di poros kemudi untuk mendeteksi arah putaran dan besarnya puntiran roda kemudi.
  4. VSS (vehicle speed sensor), merupakan sensor yang mendeteksi kecepatan kendaraan. Pada kendaraan yang menggunakan EFI/Transmisi otomatis biasanya data kecepatan kendaraan diambil dari data Engine/ECT ECM.
  5. MIL (malfunction indicator lamp), merupakan lampu indikator yang terletak di meter kombinasi untuk memberitahukan pengemudi jika terjadi malfungsi pada system EPS.
  6. DLC, merupakan konektor untuk mendeteksi kode kerusakan dengan menghubungkan ke scanner maupun kabel jumper.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar