Kamis, 05 Juni 2014

Apa Bedanya Motor Injeksi Dengan Karburator? (Jilid 1)



Meskipun sistem injeksi pada sepeda motor bukan merupakan teknologi yang baru tetapi masih ada beberapa kalangan yang masih belum mengerti apa itu sebenarnya sistem injeksi pada sepeda motor. Berikut ini akan coba saya jelaskan sedikit mengenai sistem injeksi pada sepeda motor,mudah-mudahan bisa sedikit memberikan gambaran.

Gambar. Ilustrasi FI System.(sumber :)

Gambar. Karburator
Gambar. Karburator



Pada karburator, bensin masuk ke ruang bakar karena terhisap oleh kevakuman dari intake manifold. Karena kebutuhan bahan bakar mesin berbeda- beda baik pada saat dingin maupun panas, kecepatan rendah maupun tinggi dan beban berat maupun ringan, maka pada karburator terdapat banyak saluran kecil-kecil untuk keperluan tersebut. Hal ini menyebabkan jumlah bahan bakar yang terhisap sangat dipengaruhi oleh kebersihan saluran-saluran tersebut. Ketika terdapat sedikit kotoran saja pada saluran tersebut, maka campuran menjadi tidak pas dan kerja mesin terganggu.

Gambar. Garis besar FI System (Sumber : )

Pada FI system jumlah bahan bakar hanya ditentukan oleh satu komponen yang bernama injector. Banyak sedikitnya bahan bakar tergantung berapa lama injector membuka, dimana lamanya injector membuka ini diatur oleh ECU. ECU mengatur lamanya injector membuka berdasarkan informasi kerja mesin dari sensor-sensor. Kerja mesin yang dideteksi oleh sensor-sensor pada FI system diantaranya kecepatan mesin, jumlah udara yang masuk, besarnya pembukaan katup gas, suhu mesin, suhu udara masuk, kadar oksigen pada gas buang dll. Karenanya campuran udara dan bahan bakar yang dihasilkan cenderung lebih tepat pada berbagai kondisi sehingga motor lebih efisien. (bersambung)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar