Seiring dengan
kebijakan pemerintah dan perkembangan kehidupan sosial ekonomi di Indonesia, tren
kebutuhan kendaraan baru mulai bergeser dari sedan dan SUV ke small car. Sedan
dan SUV yang memiliki dimensi besar cenderung boros bahan bakar dan susah untuk
bermanuver di jalan- jalan dalam kota yang semakin sibuk dan padat. Small car memiliki
kelebihan konsumsi bahan bakarnya yang hemat, mudah untuk melibas kemacetan di
dalam kota, juga memiliki harga yang lebih terjangkau (dan mungkin akan lebih
murah lagi kalau regulasi LCGC sudah diterapkan ). Berbagai produsen kendaraan berlomba-
lomba mengeluarkan kendaraan kelas small car untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Dimulai dari Honda Prospect Motor yang mengeluarkan Honda Brio, disusul Toyota dan Daihatsu yang mengeluarkan Agya dan Ayla dan dikabarkan Suzuki juga tengah mempersiapkan jagoannya
untuk menggantikan karimun Estillo. Jangan dilupakan juga kehadiran produsen
Mobil sejuta umat dari India Tata
yang membawa mobil murahnya Nano. Kita tunggu saja kiprah mereka, akankah dapat
diterima dengan baik oleh konsumen atau tidak, ataukah kehadiran mereka akan
mengkanibal keberadaan kelas mobil citycar macam KIA Picanto, Daihatsu Sirion,
Suzuki Karimun, Chevrolet Spark, dll. Biarlah waktu yang akan berbicara...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar